Selasa, 26 Oktober 2010

3D Blender


Bisnis Film Animasi 3D sudah mulai marak di Indonesia sejak tahun 2000. Home Land adalah film animasi 3 dimensi nasional pertama yang diluncurkan ke publik. Semenjak itu, bisnis animasi 3D di Indonesia mulai berkembang. Studio-studio animasi mulai muncul dan saling bersaing untuk menghasilkan karya 3D yang indah. Dibalik berdirinya studio animasi terdapat suatu masalah yaitu harga software. Harga perangkat lunak untuk menciptakan animasi 3D ternyata relatif mahal. Sebagai gambaran, software pengolah 3D seperti maya, dipatok dengan harga $474 di situs ebay . Lalu bagaimanakah startup company yang memiliki keterbatasan modal dalam mengatasi masalah ini? Apakah mahalnya software ini juga pernah dialami oleh studio animasi
Penjelasan awal adalah Blender yang menjadi solusi dalam mahalnya harga software pengolah animasi 3D. Blender merupakan software open source untuk pengolah animasi 3D. Software ini memiliki keunggulan seperti software-software pengolah 3D lainnya. Pembuktian dari keunggulan Blender sering dipertanyakan oleh banyak pihak. Film animasi 3D berjudul “Big Buck Bunny” yang rilis tanggal 30 Mei 2008 menjadi jawaban atas keunggulan software open source ini.
Software pengolah animasi 3D seperti maya atau 3D max memiliki harga yang cukup mahal. Hal lainnya adalah software 3D tersebut hanya berjalan pada sistem proprietary seperti Windows. Sehingga bila dijumlahkan maka kebutuhannya adalah membeli software dan sistem operasinya.
Software ini dapat berjalan pada Windows maupun Linux. Penawaran ini jarang didapatkan dibandingkan software proprietary. Selain lintas platform, bila Blender dijalankan pada OS Linux tentu akan semakin menghemat biaya.
Apakah ini hanya sebatas teori belaka? Apakah ada studio skala internasional yang menggunakan Blender? EDM Studio adalah contoh studio animasi 3D yang menggunakan software Blender dalam produksinya.
Sudah sedikit terbayang kan kenapa “nge-jus” di Blender lebih aman dan hemat,, sudah saatnya kita menggunakan software asli dan bukan bajakan melulu *tersindir… :p*, kalau punya uang lebih,,silahkan untuk menggunakan software 3D bebayar seperti 3D max atau Maya,tetapi kalau ada yang gratis..kenapa musti beli… *hahai..mantap bener nih kata2..*
Tidak ada suatu kesempurnaan dalam dunia ini,,apalagi hanya buatan manusia..walaupun keunggulan Blender dapat dipertaruhkan,,namun ada saja kelemahannya..salah satunya dari interface yang sedikit memusingkan (rumit) *belum biasa ajaaa…*, kemudian..karena Blender ini merupakan Open Source, maka akan selalu ada pengembangan-pengembangan ke arah yang lebih baik,,jadi bersabar saja untuk menggunakan versi “sempurna” dari open source ini.

Fil Hasil Karya 3D Blender.

Senin, 25 Oktober 2010

Mengajar blender

hari ini senin 25 oktober 2010 Hari yang sangat melelahkan karna hari ini aku mengajar sendiri di smk bhs sumedang karna 2 orang teman ku lagi sakit..walaupun lelah tapi aku senang karena melihat antusias anak - anak dalam belajar blender.malahan mereka lebih memilih tetap di labor dari pada pulang dan keluar main..semoga amal ibadah kita semua diterima allah hari ini dan semoga hari ini menjadi lebih baik dari pada hari kemaren...

walaupun banyak kendala dalam mengajar alahamdulilah teratasi juga, walau pun banyak komputer yang mogok waktu proses perenderan...huhhhh..
kasian anak-anak yang belum menyimpan file nya terpaksa harus ngulang dari awal lagi,, tapi itu yang aku salutkan walaupun disuruh mengulang mereka gak pernah mengeluh...."SALUT UNTUK SMK FARMASI BHS SUMEDANG"
sekian dulu cerita magang hari ini....semoga pendidikan indonesia menjadi tambah maju lagi....salam edukasi

Senin, 18 Oktober 2010

Sejarah 3D Blender

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender tersu berlanjut hingga saat ini.

Selasa, 12 Oktober 2010

Perkuliahan Multicast































































Kegiatan Magang Di SMK BHS Sumedang


Pelaksanaan kegiatan magang di SMK BHS Sumedang berjalan dengan lancar dan baik. kegiatan magang meliputi mengarjan RPG Maker,Sea Journey dan 3D Blender kepada Siswa -siswi. kemudian pelatihan LMS (Learning Management System) diajarkan kepada Bapak dan Ibu Guru di SMK BHS Sumedang.




























Kesan Dan Pesan OutBound

Kesan dan Pesan yang kami rasakan pada kegiatan outbound di Perkemahan Kiarapayung (Bumikahyangan) diinstrukturi oleh Bpk.Stanley kami merakan banyak sekali manfaat yang bisa diambil pada kegiatan tersebut, misalnya Kegiatan Senam pagi, permainan jaring laba-laba,kelereng bambu, ranjau darat , dan pipa air. semua kegiatan tersebut memiliki sifat kekompakan,kerjasama,tekun,rajin,tidak menang sendiri,disiplin,tanggung jawab,sabar,rela berkorban,konsentrasi dan percaya pada sesama dan masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam kegiatan tersebut.
Team-team yang ada pada outbound tersebut adalah :Matahari,harimau,kuda dan kerbau.

Senin, 11 Oktober 2010

About DheRet-One

DheRetOne adalah sekelompok mahasiswa ITB Kerma Seamolec yang didirikan oleh Dedet ,Rivo dan Iwan.
Kelompok ini didirikan pada bulan agustus 2010 yang diresmikan oleh bapak gatot dan dekan fakultas sekolah teknik elektro dan informasi(stei) institut teknologi bandung (itb)di gedung perkuliahan fakultas seni rupa dan desain (fsrd) institut teknologi bandung (itb).
latar belakang didirikannya kelompok dheretone ini adalah karena meningkatnya populasi tugas dan bekerja sebagai team yang handal dan kreatif di bidang IT yang bersifat online, jadi kami para pemuda harapan bangsa berinisiatif untuk membuat blog ini (walaupun udah disuruh….hehehe).
visi dan misi dari kelompok DheRetOne memiliki Dua kata utama yaitu Dheret dan One. Dheret berarti urutan dan One berarti Nomor Satu atau Terdepan, jadi DheretOne Memiliki Arti Team Work Yang Menjadi Urutan Terdepan.
DheRetOne Team : Rivo Stephano, Iwan Febrian dan Dedet














Copyright : ITB 2010